Cittcit's Blog

Budaya dan Ketahanan Nasional

pada 29 Mei 2010

Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.

Budaya Indonesia tidak lepas dari dinamika dan perkembangan yang disebabkan oleh arus budaya modern. Dekade terakhir abad ini berada dalam dua konteks yang mewarnai dan membentuk sosok budaya masa kini yaitu proses modernisasi dan globalisasi. Ide-ide, pola prilaku dan kepranataan saling bersilangan dan berbenturan serta bersintesis yang menghasilkan unsur ‘budaya baru’. Perkembangan kesenian Indonesia juga mengalami dinamika, dalam berbagai aspek akibat interaksi budaya tersebut.

Salah satu bentuk kesenian klasik Indonesia yang mengalami dinamisasi tersebut adalah ilustrasi Nusantara. Ilustrasi pada masa lalu yang melengkapi naskah, hakikatnya memuat ajaran-ajaran tentang filsafat hidup, tata cara adat istiadat masyarakat setempat yang disesuaikan dengan sistim kepercayaan yang dianut.

Naskah Nusantara sebagai Kekayaan Intelektual Bangsa

Sebelum budaya naskah (tulis) berkembang di Indonesia, awalnya didahului oleh budaya bertutur/budaya oral yang disampaikan secara turun temurun pada tiap generasi. Sisa budaya oral ini sampai sekarang masih dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Sesuai dengan perjalanan waktu para leluhur menciptakan simbol-simbol sederhana cara berkomunikasi yang nantinya berkembang menjadi budaya baca tulis. Pada saat budaya baca tulis mulai berkembang, simbol-simbol tersebut akhirnya menjadi bentuk aksara, kemudian ketika proses interaksi kultural terjadi secara intensif pada masa berikutnya dan memunculkan bentuk aneka tulisan Nusantara.

Kehidupan budaya oleh leluhur bangsa Indonesia ‘direkam’ dalam naskah-naskah tua yang sangat beragam. Naskah-naskah tua itu tersebar hampir diseluruh wilayah kepulauan Nusantara. Hal itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia purba adalah bangsa yang telah memiliki budaya tulis, bahkan mampu menuangkan semua ide, pikiran dan gagasannya dalam bentuk tulisan.

Dari kekayaan ini kita dapat memberikan pengaruh positif terhadap ketahanan nasional dalam bidang sosial dan budaya.

Karena dalam setiap kebudayaan daerah terdapat nilai nilai budaya yang tidak dapat dipengaruhi terhadap kebudayaan asing.kebudayaan asing itulah pangkal segala kemampuan budaya untuk menetralisir pengaruh negatif budaya asing.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: