Cittcit's Blog

Stop Diskriminasi Anak !!

pada 7 Maret 2010

Pasal 28B

(2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. **)

bayi

Betapa anak-anak dilahirkan baik dan tidak berdosa. Kita bertanggungjawab untuk secara bijaksana mendukung mereka sehingga potensi dan bakatnya tertarik keluar. Karenanya, anak-anak membutuhkan kita (maksudnya orang dewasa) untuk membetulkan mereka atau membuat mereka lebih baik. Anak bergantung pada dukungan kita untuk tumbuh.

Kekerasan terhadap anak-anak yang terjadi disekitar kita dan sepanjang tahun tidak saja dilakukan oleh lingkungan keluarga anak, namun juga dilakukan oleh lingkungan keluarga anak sendiri yakni orang tua. Kasus-kasus kekerasan yang menimpa anak-anak, tidak saja terjadi di perkotaan tetapi juga di pedesaan. Namun sayangnya belum ada data yang lengkap mengenai ini. Sementara itu, para pelaku child abuse, 68 persen dilakukan oleh orang yang dikenal anak, termasuk 34 persen dilakukan oleh orangtua kandung sendiri.

Bagi para pelaku, undang-undang ini sama sekali tidak berarti apa-apa, masih banyak sekali para ibu yang sengaja menyiksa anak kandungnya sendiri dengan alasan yang sangat tidak wajar. Mereka disiksa, dipukul, bahkan tidak sedikit anak yang menjadi korban pembunuhan ibu kandungnya. Latar belakangnya sangat beragam, dari masalah ekonomi, masalah orang tua atau hanya karena anak tersebut sering ”menangis”. Bukankah sangat wajar apabila seorang anak kecil menangis dipelukan ibunya ? Tetapi mengapa masih banyak sekali anak yang mengalami penyiksaan, apakah hak-hak seorang anak belum berlaku karena ia masih kecil ?

Dalam menangani hal ini Komnas Perlindungan anak sangat mengecam bagi siapa saja yang melakukan penyiksaan, penganiayaan, maupun diskriminasi terhadap anak. Bagaimanapun, kekerasan tentu tak bisa dibenarkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: