Cittcit's Blog

Keprihatinan Tenaga Kerja Indonesia

pada 7 Maret 2010

Pasal 28D

(2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja. **)

Entah tidak merasa sesama manusia atau bagaimana, kasus para TKI yang berangkat bekerja diluar negeri namun tidak sedikit dari mereka yang pulang hanya tinggal nama.

Sangat aneh mungkin, tetapi itulah kenyataan yang dialami sebagian oleh para pekerja kita yang mencari nafkah dengan bekerja dengan orang lain. Entah dengan alasan apa para majikan menyiksa mereka, apa karena mereka hanya seorang ”Pembantu rumah tangga ?” . Mungkin mereka hanya orang bawahan namun HAK mereka sama seperti yang lain, mereka berhak untuk hidup, mereka berhak untuk tidak disiksa, mereka berhak mendapatkan penghidupan yang layak, dan mereka berhak dihormati karena pada dasarnya yang membedakan kita dengan mereka hanyalah status sosial.

Tenaga dan jasa mereka sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang kesehariannya memang tidak bisa mengurus rumah, pekerjaan mereka sangat mulia. Mereka rela dibayar sedikit dengan pekerjaan rumah yang sangat menumpuk.

Seharusnya para pekerja TKI ini harus teliti sebelum menerima pekerjaan seperti, kesepakatan mengenai hak perlindungan tenaga kerja antara lain mengenai keselamatan dan kesehatan kerja, hak atas perlindungan asuransi dan perlindungan hukum. Mungkin dengan usaha ini para TKI dapat mengurangi sedikit ketakutannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: